SDP Barang/Jasa Pemerintah Secara Elektronik Dengan E-Tendering   ::    Pastikan 100% e-Procurement untuk Indonesia bersih dan sejahtera    ::    Surat Edaran Menteri Dalam Negeri terkait Pembentukkan LPSE    ::    Surat Edaran Deputi PPSDM No. 3 Tahun 2012
Beranda > Panduan Pencarian

Panduan Pencarian Data Lelang


Keterangan Halaman Pencarian

Pencarian pada halaman Beranda
1). Area teks untuk mencari lelang dengan kata kunci tertentu.
Area ini digunakan untuk mengetikkan kata kunci untuk pencarian pengumuman lelang tertentu. Misalnya, pencarian yang diinginkan yaitu lelang dengan kata kunci "komputer", maka isilah area ini dengan kata komputer untuk mencari lelang yang mengandung kata-kata komputer. Sistem melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci tersebut dan akan mencocokkannya dengan nama paket lelang, nama LPSE, satuan kerja, propinsi, lokasi pengambilan dokumen (khusus pengumuman lelang non e-procurement), dan HPS maksimal paket lelang.
2). Pilihan agregasi pencarian dengan kata kunci lebih dari dua kata.
Pilihan agregasi terdiri dari dua metode, yaitu dengan menggunakan AND (gabungan kata kunci) dan OR (opsi kata kunci). Misalnya, pencarian yang diinginkan yaitu lelang dengan kata kunci "komputer", "sumatera", dan "200jt". Jika memilih metode agregasi AND, maka hasil yang didapatkan adalah data lelang yang mengandung ketiga kata kunci tersebut. Jika memilih menggunakan metode agregasi OR, maka hasil yang didapatkan adalah data lelang yang paling sedikit mengandung salah satu dari ketiga kata kunci tersebut. Secara default/tanpa ditentukan, metode OR digunakan untuk melakukan pencarian. Untuk lebih jelasnya, baca bagian Contoh Hasil Pencarian dengan Menggunakan Metode Agregasi
3). Tab pencarian bebas
Jika di-klik akan menampilkan halaman pencarian bebas, yaitu halaman yang dapat malakukan pencarian data lelang dengan mengetikkan kata kunci tertentu dan dengan metode agregasi tertentu.
4). Tab pengumuman lelang terbaru
Jika di-klik akan menampilkan halaman yang menampilkan data lelang yang baru didapatkan dari basis data aplikasi. Pengambilan data ini dilakukan setiap 4 jam sekali.
3). Tab pencarian pengumuman lelang berdasarkan LPSE
Jika di-klik akan menampilkan halaman penjelajahan pengumuman lelang per LPSE yang dikategroikan menjadi 3 jenis, yaitu per LPSE Kementrian dan Lembaga, per LPSE Pemerintah Daerah (tampilan default saat pertama kali di-klik), dan per LPSE BUMN atau Instansi lain.
3). Tab pencarian lanjut
Jika di-klik akan menampilkan halaman pencarian pengumuman lelang dengan kata kunci tertentu yang didefinsikan untuk setiap aspek-aspek pengumuman lelang.


Contoh Hasil Pencarian dengan Menggunakan Metode Agregasi

Hasil Pencarian Menggunakan Metode Agregasi AND

Gambar 1. Contoh Hasil Pencarian dengan Menggunakan Metode Agregasi AND


Hasil Pencarian Menggunakan Metode Agregasi OR

Gambar 2. Contoh Hasil Pencarian dengan Menggunakan Metode Agregasi AND